Home » » Keluarga Sehat, Investasi Bangsa

Keluarga Sehat, Investasi Bangsa

Written By Pria on Sabtu, 05 Mei 2012 | 07.59


Keluarga Sehat, Investasi Bangsa” itulah tema yang ditetapkan oleh Departemen Kesehatan dalam memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-46 yang jatuh pada tanggal 12 November nanti. Tema ini disesuaikan dengan target pencapaian MDGs dan program kerja Kementerian Kesehatan antara lain : Kesehatan Ibu dan Anak, Penanggulangan HIV/AIDS, TB dan Malaria serta kemitraan global dalam Pembangunan.
Berdasarkan panduan hari kesehatan nasional ke-46 yang dikeluarkan oleh kementrian kesehatan, makna tema ini adalah untuk menggalang komitmen para pengambil keputusan, kelompok profesi kesehatan, organisasi kemasyarakatan, praktisi dan akademisi bidang kesehatan masyarakat untuk saling mendukung dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, khususnya peningkatan mutu dan kapasitas keluarga Indonesia.
Keluarga merupakan elemen organisasi terkecil dalam membentuk bangsa. Di dalam keluarga, interaksi komunikasi dari Ayah, Ibu dan anak menjadi pendidikan pertama yang penting. Oleh karena itu, keluarga menjadi investasi bangsa bagi pembangunan sumber daya manusia yang produktif secara sosial dan ekonomis.
Pesan pendukung tema HKN ke-46 tahun 2010 ini sesuai dengan target pencapaian MDG’s (Millenium Development Goals) dan RPJMN 2010-2014 adalah:
  1. Kesehatan harus dimulai dari rumah
  2. Gizi baik, anak tumbuh sehat dan cerdas
  3. Jadilah Keluarga Sadar Gizi
  4. Ibu sehat, mampu memenuhi tugas dalam keluarga dan masyarakat
  5. Lindungi keluarga dari Narkoba dan HIV-AIDS
  6. Berperilaku sehat, cegah penyakit
  7. Bersama kita jaga kesehatan diri, rumah dan lingkungan
  8. Tetaplah sehat, jika sakit segera berobat
  9. Keluarga sehat, lebih produktif dan berprestasi
  10. Kutanam, Kupelihara Pohon, Lestari Alamku
Dalam menyambut hari kesehatan nasional ke-46 ini berbagai daerah di seluruh tanah air telah membuat rencana kegiatan dan serangkaian acara, antara lain : lomba pembersihan jentik nyamuk di Surabaya, lomba balita sehat yang diadakan di Kapuas, program sembako murah di Salatiga, dan masih banyak lagi lainnya.
Marilah kita dukung peringatan hari kesehatan nasional ke-46 ini. Semoga dengan diadakannya serangkaian kegiatan ini, seluruh masyarakat Indonesia semakin terdorong untuk menjaga dan meningkatkan kualitas kesehatan keluarga mereka masing-masing, karena keluarga sehat adalah investasi bangsa.. ^_^
(sumber : Panduan HKN 2010, reference lain : pidato_menkes_HKN2010)
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Visitors

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Kesehatan Keluarga Sejahtera - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger